Gambar Background

Billboard VS TV Komersial

Billboard VS TV Komersial

Billboard Advertising VS Iklan Televisi menurut budget, oleh Sakura Advertising Tulungagung

BILLBOARD ADVERTISING DAN IKLAN TV DI INDONESIA

Billboard Advertising merupakan media reklame atau iklan outdoor berbentuk papan horizontal yang berada ditempat strategis. Target audience Billboard advertising ialah para pengendara dijalan baik sepeda motor, mobil, pejalan kaki, dll. Dibanding iklan TV, Billboard advertising jelas lebih ekonomis dan hemat. Walaupun dari sisi waktu, Iklan TV lebih cepat dan lebih banyak dilihat pemirsa atau pengunjung namun dari sisi budget jelas lebih besar. Dari sisi branding produk atau branding perusahaan, Billboard advertising merupakan solusi tepat. Mari kita bandingkan antara Iklan Billboard Advertising dan Iklan TV dari sisi pengunjung dan budget.

Coba kita buat ilustrasi sesuai fakta berikut:

Produk A memasang Billboard Advertising di tempat strategis dengan jumlah pengunjung sekitar 10 ribu orang per hari. Budget untuk memasang iklan di Billboard Advertising sekitar 300 juta pertahun dengan ukuran space Billboard 5×10 m. Jadi untuk budget 300 juta dalam setahun iklan di Billboard sudah dilihat sekitar 3,65 juta orang. Apakah anda sudah bisa bilang WOW?
Biaya promosi bagi perusahaan adalah sebuah investasi. Dari sisi branding produk atau perusahaan jelas ini sangat menguntungkan. Selain budget promosi yang minim dalam jangka waktu tertentu Iklan Billboard sudah bisa menjangkau target konsumen.

Selanjutnya, coba kita lihat iklan Televisi (TV):

Iklan TV, besarnya budget untuk melakukan promosi/iklan di TV tergantung dari:

Klasifikasi Stasiun TV
Setiap stasiun TV mempunyai ranking ataupun peringkat berdasarkan rating popularitasnya. Dan masing-masing memiliki segmentasi pasar/pemirsa. Jadi pemilihan TV juga harus melihat jenis product yang akan diiklankan.

Jenis Acara
Acara yang ditayangkan juga mempunyai rating, semakin bagus acaranya maka akan semakin mahal tarifnya. Apalagi jika acara tersebut berupa siaran langsung.

Jam Tayang
Jam tayang juga menentukan harga iklan. Tapi sekali lagi lihat dulu jenis iklannya, apakah jam tersebut sesuai dengan segmentasi marketnya.

Posisi Iklan
Jika suatu iklan ditampilkan pada posisi “bumper in dan out” maka harganya akan lebih mahal. Jika dibandingkan dengan iklan yang terletak ditengah – tengah iklan lainnya. Hal ini disebabkan karena pemirsa biasanya suka mengganti channel saat iklan.

Nah, jika diambil rata-ratanya, maka boleh disimpulkan untuk durasi tayang 30 detik harganya berkisar 30 – 50 juta. Untuk satu spot (1 kali tampil) pihak principal menghabiskan dana sekitar 30 juta. Oleh karena itu, jika suatu product sering ditampilkan di media elektronik, maka harga belinya mahal karena iklan, bukan karena kualitas produk :).

Sekarang kita hitung perbandingan antara Iklan Billboard advertising dengan Iklan TV

Iklan di TV dalam durasi 30 detik budgetnya rata – rata 600 juta rupiah. Total populasi TV di 10 kota survei AGB Nielsen saat ini 46,7 juta individu berusia 5 tahun ke atas. Anggap 1% nya (400 ribu orang) yang menonton iklan TV tersebut. Maka untuk budget 600 juta (20 x tayang) iklan tersebut dilihat sekitar 20×400 ribu = 8 juta orang dalam durasi waktu sekitar 10 menit saja. Ternyata jumlah pengunjung 2 kali lipat dari Billboard advertising. Namun dari segi waktu ternyata sangat singkat sekali.

Kesimpulannya:

Billboard Advertising: 1 Tahun Terpasang, Budget Rp 300 Juta, dapat menjangkau 3,65 Juta Orang.

Iklan Televisi: 10 Menit Tayang, Budget Rp 600 Juta, dapat menjangkau 8 Juta Orang.

Nah, dari ilustrasi sederhana diatas, anda dapat mempertimbangkan media iklan mana yang paling efektif untuk produk dan layanan anda. Ilustrasi diatas hanyalah sebuah hitung-hitungan secara kasar saja. Dari sana dapat diambil kesimpulan bahwa iklan di Billboard advertising merupakan sebuah investasi yang murah dan ekonomis jangka panjang dibanding dengan iklan TV.

Tak ada komentar

Poskan Komentar

Link Reset Kata Sandi akan dikirim ke email anda